Halaman

Senin, 15 Juni 2020

Manfaat Asuransi Jiwa

Sebagian orang mungkin akan berkata, bahwa sebagai orang beriman maka Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan banyak hal, termasuk keselamatan jiwa Anda. Di mana orang-orang dengan pemikiran seperti ini akan beranggapan bahwa Sang Pencipta telah memiliki rencana dan selalu menjamin keselamatan bagi umatnya. Hal ini tentu tidak salah, namun tidak juga selalu benar, di mana sebagai makhluk yang memiliki akal Anda juga akan mempertimbangkan segala macam risiko yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu dan menimpa Anda di mana saja. Anda tentu tidak menginginkan hal buruk terjadi pada siapapun, namun jika ternyata suatu saat hal buruk tersebut menimpa Anda, maka sudah sewajarnya Anda memiliki perlindungan atau jaminan bagi keluarga yang Anda tinggalkan bukan?
Memiliki asuransi jiwa merupakan sebuah pilihan yang cerdas, di mana Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari hal tersebut. Berikut beberapa dari manfaat dari asuransi jiwa:

1. Menentramkan Pikiran

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa kehilangan akibat kematian tidak hanya akan meninggalkan duka saja bagi keluarga yang ditinggalkan, namun hal tersebut juga bisa membawa dampak yang sangat buruk di dalam keuangan keluarga tersebut akibat hilangnya penghasilan. Risiko ini tentu bisa dihindari dengan membeli polis asuransi, di mana kehidupan keluarga masih bisa tetap berjalan dan keuangan pasca menghadapi kematian anggota keluarga masih dalam kondisi yang aman.

2. Menjamin Pendidikan Anak

Hal ini akan sangat membantu jika ternyata Anda telah memiliki tanggungan (anak) yang masih menempuh pendidikan, terutama mereka yang dalam usia kanak-kanak, di mana jalur tempuh pendidikan yang harus mereka jalani masih sangat jauh dan membutuhkan banyak biaya untuk melanjutkannya. Anda tentu tidak ingin anak-anak yang Anda tinggalkan berhenti sekolah dan berhenti bercita-cita yang tinggi bukan?

3. Menabung

Asuransi juga bisa Anda gunakan sebagai bentuk tabungan dan antisipasi bagi hal buruk yang bisa saja datang sewaktu-waktu menimpa diri Anda dan keluarga.

Kapan dan Siapa Saja yang Membutuhkan Asuransi Jiwa?


Pada dasarnya orang-orang yang memiliki asuransi jiwa adalah mereka yang peduli dan ingin melindungi dan memberikan jaminan keuangan bagi keluarga mereka pada saat mereka telah meninggal dunia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan rasa sayang terhadap keluarga, di mana bisa saja sewaktu-waktu Anda mengalami pergi meninggalkan mereka untuk selama-lamanya.
Setiap orang tentu memiliki pertimbangan khusus mengenai waktu yang paling tepat untuk memiliki asuransi jiwa. Sebagian besar orang akan membeli sebuah asuransi ketika mereka menikah dan memulai sebuah keluarga yang baru, namun beberapa orang lainnya juga banyak yang telah memiliki asuransi jiwa sejak mereka masih lajang dan belum berumah tangga. Jika bertanya mengenai kapan waktu yang paling tepat untuk memiliki sebuah asuransi jiwa, maka hal ini harus sudah Anda miliki pada saat Anda memiliki tanggungan di dalam hidup Anda. Dengan begitu, mereka yang menjadi tanggungan Anda tidak akan mengalami kesulitan keuangan jika sewaktu-waktu Anda meninggal dunia.
Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa yang paling membutuhkan asuransi jiwa adalah mereka yang memiliki tanggungan di dalam hidupnya. Yang dimaksud dengan tanggungan di dalam hal ini adalah mereka yang menjadi tanggung jawab Anda dan pada dasarnya tidak memiliki sejumlah penghasilan di dalam hidup mereka sehingga Anda bertindak sebagai pencari nafkah atau tulang punggung di tengah-tengah mereka. Ini bisa mengacu kepada anak-anak Anda, orang tua ataupun saudara dan kerabat lainnya yang menguntungkan hidupnya kepada Anda.

Premi dan Klaim Asuransi Jiwa

Saat Anda akan membeli sebuah produk asuransi, maka selain manfaat yang akan Anda dapatkan, Anda juga akan sangat memperhitungkan besaran premi yang harus Anda bayarkan kepada perusahaan asuransi. Hal ini menjadi sangat penting, mengingat asuransi adalah komponen pengeluaran yang akan ada dalam keuangan Anda selama jangka waktu yang panjang atau bahkan bisa seumur hidup Anda, jadi akan sangat penting untuk memperhitungkannya sejak awal.
Pada dasarnya, premi yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi akan dipungut secara bulanan, triwulan, atau bahkan tahunan, tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi dan kontrak yang Anda sepakati dengan mereka. Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi besaran premi yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi, di mana hal tersebut pada umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

Usia

Di dalam asuransi, semakin tua usia tertanggung maka akan semakin tinggi premi yang akan dikenakan oleh perusahaan asuransi, hal ini mengingat tingginya risiko yang akan ditanggung oleh mereka tentunya.

Riwayat Medis

Pada saat Anda mengajukan permohonan asuransi, maka perusahaan asuransi akan meminta riwayat medis Anda  sebagai persyaratan di dalam pengajuan yang Anda  lakukan. Hal ini bertujuan untuk menghitung besarnya risiko yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Hobi dan Kebiasaan

Perusahaan asuransi juga akan menerapkan premi yang lebih tinggi bagi orang-orang yang memiliki hobi atau profesi yang berbahaya, seperti: skydiving atau scuba diving, di mana mereka menganggap hal tersebut memiliki risiko yang tinggi terhadap keselamatan pemegang polis. Bahkan seorang perokok biasanya akan dikenakan tarif premi dua kali lipat lebih tinggi daripada mereka yang bukan perokok.
Pada saat mengambil polis asuransi jiwa, maka anggota keluarga yang ditinggalkan harus mengisi klaim resmi asuransi. Selain itu akan dibutuhkan beberapa dokumen pendukung seperti: sertifikat kematian atau bukti kematian yang menunjukkan tanggal, lokasi dan penyebab kematian tersebut, dan polis asli asuransi juga sering menjadi hal wajib yang harus dibawa pada saat klaim.
Klaim ini akan diselesaikan dalam satu lump sum pembayaran kepada orang yang namanya tercantum di dalam kontrak kebijakan dan bertindak sebagai penerima. Namun dalam beberapa kasus, klaim bisa saja ditolak oleh perusahaan asuransi jika ternyata terdapat kejanggalan atau indikasi penipuan dalam kematian yang terjadi.

Lindungi Anda dan Keluarga Anda

Asuransi jiwa adalah bentuk perlindungan dan kepedulian Anda kepada keluarga dan orang-orang yang Anda cintai, tidak ada salahnya Anda memilikinya sebagai sebuah bentuk antisipasi pada hal buruk yang bisa saja terjadi, terutama bagi Anda yang memiliki tanggungan.

Untuk informasi lebih detail tentang asuransi jiwa, bisa menghubungi saya,
Whatsapp 085859220010

prudential

Tidak ada komentar:

Posting Komentar